About Steemit

@atjehsteemit
Steemit adalah situs jejaring sosial dan blogging di atas pangkalan data blockchain Steem. Blockchain Steem menghasilkan STEEM dan Steem Dollars yang dapat digunakan oleh pengguna token untuk mendapatkan posting, menemukan, dan mengomentari konten yang menarik.
Steemit, Inc adalah perusahaan swasta yang bermarkas di New York dan berkantor pusat di Virginia. Perusahaan ini didirikan oleh Ned Scott dan Dan Larimer, pencipta BitShares.

Sejarah

Pada tanggal 4 Juli 2016, Steemit, Inc secara resmi meluncurkan Steemit, sebuah media sosial dengan hadiah uang virtual yang berjalan di atas blockchain Steem. Pada tanggal 15 Maret 2017 Dan mengundurkan diri sebagai kepala teknologi dan tim pemasaran diumumkan bersama Mitchel Loureiro (@zuvarnic) dan @andrachy. Frank Rimalovski, Andrew Haines dan William Mougayar (@wmougayar) adalah anggota dewan penasehat sementara @cass, Jeffrey Paul (@sneak), James Calfee (@jamesc) dan Valentine Zavgorodnev (@val-a) adalah beberapa anggota staf.

Konsep

Gagasan Steemit awalnya dijelaskan dalam sebuah buku putih yang dirilis pada bulan Maret 2016 yang selanjutnya diperbaharui pada bulan Agustus 2017.
Konsep umumnya mirip dengan situs blog atau situs berita sosial lainnya seperti Reddit, namun konten teksnya tersimpan dalam blockchain. Penggunaan blockchain memungkinkan penghargaan token yang diberikan bagi setiap komentar dan posting bermanfaat menjadi aman. Konten berupa gambar dapat diunggah dan dihosting di Steemit, sementara konten multimedia lainnya harus disematkan dari host web lain. Untuk format, ada editor WYSIWYG. Pengguna juga dapat memilih untuk menggunakan format Downdown dengan elemen HTML.
Akun pengguna dapat meningkatkan jumlah posting dan komentar, dan penulis yang mendapatkan upvoted akan menerima imbalan berupa hadiah uang dalam bentuk uang kriptografi yang diberi nama STEEM dan token yang dipatok dalam mata uang dolar AS yang disebut Steem Dollars. Penghargaan juga diberikan bagi pengguna yang mengkurasi (menemukan) konten populer. Kurasi melibatkan komentar voting dan kiriman pos. Kekuatan penghargaan dan penguasaan imbalan dipengaruhi oleh jumlah kekuatan STEEM yang dimiliki oleh pemilih.

Sistem keuangan

Blockchain steem memiliki dua token: STEEM dan Steem Dollars. Ada juga peminat yang menginvestasikan atau menyimpan token mereka dalam bentuk yang dikenal sebagai Steem Power. Steem Power dengan ketat digunakan secara internal di masyarakat Steem, sedangkan token digunakan untuk nilai yang disimpan dan diperdagangkan.
Steem awalnya memakai dengan model pasokan yang mengalami tingkat inflasi yang sangat tinggi, dua kali lipat kira-kira setiap tahun. Namun, karena permintaan masyarakat, pada tanggal 6 Desember2016 tingkat inflasi Steem berubah menjadi 9,5% per tahun, turun 0,5% per tahun.

Penggunaan dan liputan media

Hingga bulan november 2017, terdapat lebih dari 450.000 akun Steem. Setelah rilis beta yang pada awal tidak dilakukan pembayaran, hard fork pada tanggal 4 Juli 2016, terdapat sekitar $ 1.300.000 STEEM dan Steem Dollars telah dibayarkan kepada pengguna Steemit.
Nilai tukar STEEM dibandingkan dengan Bitcoin naik terus menerus pada bulan Juli 2016, mencapai puncak pada harga di atas 4 dolar AS. 20 Juli 2016, Steem memiliki puncak kapitalisasi pasar yang pertama dengan sekitar 405 juta dollar AS. Pada 16 Desember 2017, pangsa pasarnya adalah 525 juta dollar Amerika.
Steemit digambarkan sebagai sebuah novel dan "media komunitas berbasis blockchain yang mengganggu" oleh Adam Hayes (Investopedia) pada bulan Juli 2016. Hal ini mendapat perhatian luas dan liputan media di media kriptocurrency dan bisnis. Penulis Neil Strauss, seorang pengguna Steemit, menulis sebuah artikel untuk Rolling Stone yang menyebut distribusi imbalan dengan "sangat cerdik" telah menggaungkan potensi dan sentimen yang mengganggu.
Andrew McMillen dalam majalah Wired menjelaskan bahwa fungsi Steemit berakar pada transparansi dengan setiap vote dan transfer yang dapat dilihat oleh publik dari upvotes pada pos ke transfer dompet. Tidak seperti kebanyakan mata uang digital yang sulit diakses oleh sebagian besar peminat di dunia tanpa ada uang untuk diinvestasikan, Steem menghilangkan keengganan bagi rata-rata orang untuk bergabung dalam dunia kripto-kurrensial dengan membiarkan diri mereka memperoleh pendapatan melalui pos tanpa perlu membeli terlebih dahulu.

Kritik

Joe Lee, co-founder dan CIO dari platform perdagangan mata uang digital Magnr, mengatakan kepada CoinDesk. "Apakah keberhasilan Steem sebagai mata uang digital akan lebih merupakan cerminan keberhasilan Steemit sebagai platform yang bertentangan dengan ekonomi mata uang itu sendiri. Ini adalah contoh bagus dari mata uang digital yang nilainya akan terkait erat dengan nilai manfaatnya sebagai jejaring sosial dan platform berbagi." 
"Saya skeptis tentang appcoins'/'appchains, dan Steem sangat banyak," kata pedagang algoritme Jacob Eliosoff.

Source: "Wikipedia"
Share:

No comments:

Post a Comment

Sponsor




Popular Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Contact Us

Name

Email *

Message *